Wednesday, November 6, 2013

Media Massa

Di dalam media massa terdapat aspek - aspek di dalamnya salah satunya adalah ideologi, apa itu ideologi? Ideologi adalah ide - ide tentang cara operasi hubungan kekuasaan dalam budaya dan masyarakat.

Bentuk dari media massa ini seperti koran, film, dan lain lain. Cara media untuk mengkonstruk berbagai kualitas seperti "realisme", "kegaiban", "tragedi"


Beberapa Unsur dari Media Massa:

  • Narasi
Aspek bentuk yang berkaitan dengan konstruksi cerita dan drama, misalnya artikel pada sebuah berita mengisahkan cerita dalam sebuah novel

  • Genre
Genre ada karena adanya pengulangan, merupakan fakta bahwa sebagian besar produk media terbagi ke dalam berbagai kategori atau tipe. Misalnya adanya film komedia lalu muncul lagi beberapa film komedi maka itu bisa di kategorikan sebagai genre karena adanya pengulangan.

  • Representasi
Media mewakili berbagai kelompok sosial yang dikategorikan dengan banyak cara seperti gender, etnisitas, umur, dan kelas sosial. Tetapi tidak hanya mencakup tipe-tipe spesifik (wanita-wanita tua), juga tipe - tipe kolektif, dan intuisi/kondisi. Semua ini dapat direpresenatiskan, sering kali secara berulang dan dapat mengkomunikasikan makna dominan.

  • Audiens
Merupakan kelompok orang yang mengkonsumsi produk - produk media, ini dapat dikaitkan dengan pengelompokan sosial, seperti wanita untuk fiksi romansa dan pria muda untuk permainan komputer.

  • Intuisi
Organisasi yang menjalankan dan mengontrol media, seperti kantor berita Reuters yang mensuplai materi untuk layanan berita dunia. 



No comments:

Post a Comment