Wednesday, September 25, 2013

Konsep 3: Ideologi dan Norma











Ideologi adalah rangkaian asumsi kita tentang dunia yang membentuk bagaimana cara kita berpikir mengenai persoalan seperti pernah pria dan wanita, disiplin di sekolah, peran figur otomatis seperti pemimpi negara, dll.

Contoh ideologi dan norma pada sebuah media:

  • Iklan coca cola edisi ramadhan: di sana di gambarkan ada sebuah keluarga yang harmonis, ekspresi muka tiap orang terlihat senang, minuman tersebut segar saat puasa, di sini juga terlihat peran si ibu yang baik, gaya hidup seperti ini cocok dihubungkan dengan iklan coca cola edisi ramadhan dimana saatnya berbagi dengan sesama. 



Latihan Kritik Iklan

1. Apa nama majalahnya dan kapan edisi itu diterbitkan? 
Nama Majalah: Marie Claire, Agustus 2010

2. Beri deskripsi yang rinci tentang iklan yang dipilih (bayangkan audiens buta)
Iklan Yogurt merk Heavenly Blush, yang mengiklankan yogurt yang terbuat dari jus buah asli, fresh, sehat, non fat. Serta promosi unlimited topping bila menggunakan credit card CIMB Niaga dengan syarat membeli produk yogurt ukuran large. Lalu iklan ini di bintangi oleh Cathy Sharon.

3. Pada permukaannya, apa yang dijanjikan oleh iklan itu? Dalam kata lain, apakah produknya, dan apa klaim yang dibuat oleh pembuat iklan akan produk tersebut? 
Produk ini menjanjikan yogurt dengan kualitas baik menggunakan jus buah asli yang sehat, fresh, dan non fat, serta memberikan unlimited topping bila membeli yogurt ukuran large dengan CIMB Niaga.

4a. Menurut iklan, apa yang dapat dilakukan oleh produk itu untuk membuat hidup konsumen lebih mudah, baik, atau menarik?
Memberikan penawaran yogurt dengan unlimited topping bia menggunakan credit card CIMB Niaga

b. Metode apa yang dilakukan oleh desainer iklan untuk menciptakan daya tarik emosi? Emosi apa yang ingin dimunculkan olehnya?
Menggunakan model (Cathy Sharon) cewek muda yang cantik, sehat, langsing dengan ekspresi muka yang senang sambil memegang 1 cup yogurt dengan banyak topping yang menggambarkan produk ini.

c. Asumsi apa yang dimiliki oleh pembuat iklan mengenai keinginan dan kebutuhan audiens?
Produk yogurt ini menggunakan bahan jus buah asli yang fresh, sehat, non fat, agar bisa terlihat cantik dan langsing seperti si model, tanda harus takut gendut.

5. Menimbang ideologi yang dipresentasikan oleh iklan, apakah kamu memiliki " prefensi " atau " oppositional reading " terhadapnya?
saya memiliki prefensi karena maksud dari iklan ini bisa saya tangkap/mengerti bahwa iklan yogurt ini menggunakan bahan alami dan tidak membuat gendut seperti yang diinginkan oleh para perempuan.

6. Apakah iklan ini efektif? Kenapa?
Menurut saya iklan ini efektif  karena ikaln ini mudah di mengerti, di sampaikan dengan baik kepada audiens, serta di pasang di majalah yang pas untuk para perempuan yang ingin tetap langsing meski memakan yogurt ini.

No comments:

Post a Comment